Friday, December 6, 2013

Buku Baru - KARAKTER Manusia Indonesia

Buku Baru - Karakter Manusia Indonesia
TEBAL BUKU & ISBN:
196 halaman; 978-602-7768-43-7

PENULIS:
Prof Dr Siti Musdah Mulia MA dan Ira D Aini

PENERBIT:
Nuansa Cendekia

Pada tahun 2010, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia membuat rumusan 18 nilai yang menjadi pilar pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jika pendidikan karakter bisa dijalankan, kita mempunyai harapan yang bagus dan menggembirakan terhadap generasi muda dan masa depan bangsa Indonesia.

Banyak pujian dan pengakuan, bangsa Indonesia sebagai bangsa besar, sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan India. Juga sebagai negara yang religius dan agamais. Namun, dibalik pujian dan fenomena religiusitas tersebut, menyisakan paradoks yang serius. Misalnya, meskipun agamais, tapi mu memakan uang haram dan memerangi saudara sebangsa sendiri. Meskipun paham hukum, tapi masih mau mempermainkan hukum dan memperjualbelikannya.

Dari paradoks-paradoks tersebut tampak bahwa ada persoalan serius pada karakter manusia Indonesia. Untuk itu, penting kiranya pendidikan karakter sebagai solusi persoalan bangsa. Buku karya Prof Musdah Mulia ini diyakini bisa memberikan sumbangan yang sangat besar bagi program tersebut. Selamat membaca!

No comments: