Saturday, November 24, 2012

Tahukah Anda - Makna Angka di Suatu Negara

Setiap budaya memiliki tradisi berbeda, dan ini berlaku juga untuk memaknai sebuah angka. Itu sebabnya, angka keberuntungan bagi satu negara bisa jadi dipercaya membawa sial bagi penduduk di Negara lain.

Angka 13, biasa dianggap sebagai angka sial di sejumlah negara, di antaranya Inggris, Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Spanyol, Swedia, dan Norwegia. Itu sebabnya, banyak hotel dan apartemen tidak memiliki kamar nomor 13 atau lantai nomor 13. Di Irlandia, harga rumah bernomor 13 lebih rendah 3% dibanding rumah lainnya.

Angka 7, dipercaya sebagai angka keberuntungan karena Tuhan menciptakan alam semesta dalam tujuh hari, satu pekan terdiri atas tujuh hari, dan ada tujuh planet yang ditemukan dalam tata surya hingga pertengahan 1800.


Jepang dan Korea: angka 8 dipercaya sebagai angka pembawa keberuntungan karena aksara kanji untuk angka 8 dan kanji untuk kekayaan serta kemakmuran dilafalkan dengan bunyi yang sama, yaitu hachi. Angka 4 merupakan angka sial buat penduduk Jepang karena pelafalannya sama dengan kematian, yaitu shi. Angka 9 dianggap sebagai pembawa sial karena dalam bahasa Jepang dapat dilafalkan sebagai ku, yang artinya penderitaan dan penyiksaan. Maskapai penerbangan All Nippon Airways tidak memiliki kursi penumpang bernomor 4, 9, dan 13 di dalam pesawatnya.

Rusia: menganggap angka ganjil berarti keberuntungan sebaliknya angka genap berarti ketidakberuntungan.

Swedia: angka 3 diyakini sebagai angka baik sedangkan angka 13 diyakini sebagai angka pembawa sial.

Norwegia: angka 9 merupakan angka suci bagi mitologi Norwegia sedangkan angka 13 sebagai angka sial.

Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Belanda: angka 7 merupakan angka keberuntungan sedangkan angka 13 merupakan angka sial.

Jerman: angka 4 merupakan jumlah daun pohon semanggi, dipercaya sebagai angka keberuntungan di tanah Bavaria. Sedangkan angka 13 diyakini sebagai angka pembawa sial.

Spanyol: angka 15 kerap dipercaya sebagai angka pembawa keberuntungan bagi Negara-negara yang berbahasa Spanyol. Sedangkan 13 dipercaya sebagai angka pembawa sial.

Italia: angka 3 dipercaya sebagai angka sempurna, juga diyakini memiliki kaitan dengan trinitas di dalam Injil. Angka 13 diyakini sebagai angka keberuntungan di Italia, sedangkan angka sial di Italia adalah angka 17.

Cina: 8 juga diyakini sebagai angka keberuntungan Cina. Ketimbang memberi harga US$99 untuk suatu produk atau jasa, sangat lumrah penduduk Cina mematok harga US$98 atau US$88. Itu sebabnya, Olimpiade Beijing dibuka resmi pada tanggal 8, bulan 8, tahun 2008. Pada Agustus 2003, salah satu maskapai penerbangan Cina membeli nomor telepon 8888888 senilai US$300 ribu karena dianggap bisa membawa keberuntungan. Angka 9 merupakan angka kerajaan. Angka 4 dipercaya sebagai angka sial, alasannya, sama dengan Jepang, pelafalannya sama dengan kata kematian. Angka 7 merupakan angka spiritual, tujuh bulan dalam kalender Cina juga disebut sebagai bulan hantu. Banyak yang percaya di Cina, selama tujuh bulan itu, pintu neraka dibuka sehingga setan dan roh diizinkan mengunjungi kehidupan manusia.

Bandung, Sabtu dini hari 24 November 2012

Sumber: Tempo Edisi 10-16 September 2012

No comments: